Kesahatan Alat Makan, Solusi Menurunkan Jumlah Bakteri Pada Alat Makan Dengan Ekstrak Daun Mirabilis Jalapa
  • Judul Buku: Kesehatan Alat Makan, Solusi Menurunkan Jumlah Bakteri Pada Alat Makan Dengan Ekstrak Daun Mirabilis Jalapa
  • Penulis : Nany Djuhriah; Neneng Yetty Hanurawati; Elanda Fikri.
  • Editor : Arda Dinata
  • ISBN : Proses
  • Cover : Soft Cover
  • Halaman : xiv + 135  hal
  • Berat : 150 gr
  • Ukuran : 14 cm x 20 cm
  • Harga : Rp. 60.000

Deskripsi:

Kesehatan alat makan, merujuk pada kondisi bersih, steril, dan aman dari kontaminasi mikroba atau bahan berbahaya. Kesehatan alat makan ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan makanan.

Kesehatan alat makan mencakup sejumlah faktor penting yang harus diperhatikan setiap orang. Yakni dengan cara memastikan alat makan yang dipakai itu aman dan bersih.

Alat makan yang bersih membantu mencegah kontaminasi bakteri, virus, dan kuman penyebab penyakit. Agar tidak terjadi kontaminasi pada makanan, maka peralatan makan harus dicuci dengan sabun agar bebas dari mikroorganisme.

Sabun dapat menghilangkan kotoran dan minyak karena struktur kimia sabun terdiri dari bagian yang bersifat hidrofilik dan hidrofobik. Rantai hidrokarbon pada molekul sabun, ternyata tidak sepenuhnya larut dalam air. Namun, mudah tersuspensi dalam air. Zat aktif untuk membunuh bakteri pada sabun ialah triclosan.

Penggunaan triclosan berlebih berdampak negatif bagi tubuh (mengganggu hormon pertumbuhan otak dan reproduksi). Gangguan itu menyebabkan orang kesulitan dalam belajar dan mandul. Bahkan, penggunaan triclosan berlebihan dapat membunuh flora normal kulit.

Untuk menghindari dampak negatif triclosan dalam sabun, penggunaan tanaman kembang pukul empat (Mirabilis jalapa) menjadi sebuah solusi. Sebab, Mirabilis jalapa ini merupakan salah satu bahan alami yang mengandung senyawa metabolit sekunder seperti flavonoid dan saponin yang berkhasiat sebagai antibakteri. Buku ini hadir sebagai jawaban terkait: Kesehatan Alat Makan: Solusi Menurunkan Jumlah Bakteri Alat Makan Dengan Ekstrak Daun Mirabilis Jalapa. Sebuah buku praktis dari penulis yang sehari-harinya bertugas sebagai dosen di Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa ringan dan tiap bagiannya sengaja dikemas secara populer agar enak dibaca dan mengalir untuk dinikmati tiap bagiannya. Walaupun diyakini isi tulisan dalam buku ini adalah merupakan karya tulis yang bersifat ilmiah.

Bagian pendahuluan, disampaikan hal-hal penting yang melatari lahirnya tema buku ini. Bahasan selanjutnya: Penyehatan Makanan, Rumah Makan dan Restoran. Ada bahasan pengertian makanan, rumah makan dan restoran; penyehatan makanan; dan box editor: penyehatan makanan.

Pada bagian kedua buku ini, berisi: Hygiene Sanitasi Makanan. Pada bagian ini disampaikan pengertian hygiene, merupakan aspek yang bekenaan dengan kesehatan manusia atau masyarakat. Termasuk dibahas juga terkait pengertian sanitasi; perbedaan hygiene dan sanitasi; tujuan hygiene dan sanitasi makanan, serta box editor: prinsip hygiene sanitasi makanan.

Pada bagian ketiga, berisi: Sehatkan Peralatan Makan. Sesi ini memuat materi seputar peralatan makanan dan box editor: inilah cara sehatkan alat makan; persyaratan alat makan dan box editor: persyaratan alat makan; tempat pencucian alat makan dan box editor: tempat pencucian peralatan dan bahan makanan; tahapan pencucian alat makan dan box editor: prinsip-prinsip pencucian peralatan makan dan masak; pengujian kebersihan alat makan.

Bagian keempat bercerita tentang: Mengenal Bakteri Escherichia coli. Tulisan dibagian ini memberi informasi terkait tinjauan bakteri Escherichia coli; pengujian alat makan secara bakteriologis dan box editor: pengujian kebersihan alat makan secara bakteriologis; persyaratan jumlah bakteri pada alat makan dan box editor: kebersihan dan perhitungan angka kuman pada alat makan; faktor yang mempengaruhi jumlah bakteri pada alat makan dan box editor: faktor yang mempengaruhi jumlah bakteri pada alat makan.

Selain itu, pada bagian kelima ada pembahasan tentang: Sabun Pencuci Alat Makan. Materi yang dibahas bab ini meliputi bahan membuat sabun pencuci alat makan; komposisi sabun pencuci alat makan; mekanisme kerja sabun pencuci alat makan dan box editor: pencucian alat makan; alur umum pembuatan sabun pencuci alat makan dan tahapan pembuatan sabun pencuci alat makan.

Bagian keenam ini, penulis menyajikan materi dan informasi penting seputar masalah: Menurunkan Jumlah Bakteri Pada Alat Makan. Pembahasan mulai dengan bagaimana menurunkan jumlah bakteri pada alat makan dengan ekstrak daun Mirabilis; mengenal Milabilis jalapa; cara budidaya Mirabilis jalapa; kandungan senyawa Mirabilis jalapa; pembuatan konsentrasi ekstrak Mirabilis jalapa; pembuatan sabun cuci alat makan; cara pengambilan usap alat makan; hasil uji usap alat makan; dan hasil penelitian menggunakan sabun Mirabilis jalapa.

Pada akhir buku ini, ditutup dengan: Simpulan dan Saran. Selamat menikmati materi isi buku ini. Pastikan alat makan yang akan Anda gunakan dalam kondisi bersih dan bebas mikroorganisme penyakit. Sehingga dengan menjaga kesehatan alat makan, Anda dapat meningkatkan kualitas makanan yang dikonsumsi dan mengurangi risiko penyakit terkait makanan.

Leave A Comment